09
Aug
10

apakah kehamilan semakin besar membuat anda sulit tidur?

Kehamilan Anda semakin membesar dan Anda makin sulit tidur? Berarti Anda perlu taktik jitu agar bisa tidur pulas bak seorang bayi. Berdasarkan survei National Sleep Foundation, Amerika Serikat 97% wanita hamil yang sudah mendekati akhir masa kehamilannya, mengaku sering terjaga di tengah malam. Padahal selama tidur malam, tubuh membentuk sistem kekebalan (imun) yang sangat penting bagi Ibu hamil.
Selain itu, metabolisme di dalam tubuh ibu hamil yang meningkat, juga membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak untuk memulihkan seluruh fungsi kerja sistem organnya. Wanita yang baru pertama kali hamil dan di bulan ke-9 kehamilannya hanya tidur 6 jam atau kurang, proses persalinannya berlangsung lebih lama ketimbang mereka yang tidur paling sedlikit 7 jam sehari. Kelompok yang kurang tidur itu juga memiliki kemungkinan 5 kali lebih besar untuk menjalani operasi.
Cari dan Atasi Penyebabnya
Gangguan yang jadi biang kerok Anda tak dapat menikmati tidur nyenyak bisa bermacam-masa, seperti berikut ini :
* Beban pikiran. Rasa cemas dan khawatir menghadapi persalinan, kecemasan tentang kesehatan janin, ketakutan tidak terlihat seksi lagi di masa pasangan, atau kekhawatiran bentuk tubuh tidak bisa langsing kembali, merupakan sebagian dari pikiran-pikiran yang mengganggu. Akibatnya, Anda bisa gelisah sepanjang malam.
Cara mengatasi :
– Baca buku, dan berkonsultasilah dengan dokter tentang permasalahan kehamilan, untuk meyakinkan bahwa Anda baik-baik saja dan tak perlu khawatir berlebihan.
– Bila cemas akan rasa nyeri saat persalinan, tak perlu takut berlebihan.
Karena, saat ini sudah banyak dilakukan persalinan tanpa nyeri (Infra Labour Analgesia). Bila cemas akan abnormalitus janin, Anda dapat melakukan pemeriksaan ultrasonografi untuk skrining.
– Sibukkan diri Anda dengan suatu aktivitas sebelum tidur untuk membuang pikiran-pikiran yang mengganggu tidur Anda. Bicarakan kekhawatiran, kecemasan, atau ketakutan Anda dengan pasangan atau sahabat Anda. Bila masih belum teratasi, berkonsultasilah dengan seorang terapist.
* Gangguan nafas. Aliran darah yang meningkat selama masa kehamilan menyebabkan banyak bagian tubuh Anda yang “membengkak” termasuk saluran pernafasan. Itu sebabnya, 30% wanita hamil cenderung mendengkur saat tidur (walaupun sebelumnya mereka bukanlah pendengkur).
– Hiruplah uap hangar dari air panas. Berbaring dengan kepala dan punggung lebih tinggi dari perut.
– Gunakan obat pelega pernafasan (inhaler). Atau obat tetes hidung yang direkomendasikan oleh dokter.
* Kepanasan. Kadar hormon progesteron yang meningkat menyebabkan tubuh Anda menjadi “Pangs”. Tak heran, bila Anda sering merasa kepanasan.
– Pakailah pakaian tidur yang menyerap keringat, misalnya dari bahan katun.
– Atur sirkulasi udara di kamar, agar nyaman, misalnya dengan membuka jendela, kipas angin atau AC. Agar suami tidak menggigil kedinginan siapkan selimut yang lebih tebal untuknya.
* Heart burn. Rahim yang membesar bisa menyebabkan asam lambung mengalir ke arah kerongkongan dan menyebabkan asam lambung mengalir ke arah kerongkongan dan menyebabkan rasa “nyeri” dan “panas” pada sekitar dada. Keluhan ini dikenal dengan istilah heart burn.
Cara mengatasi:
– Pada saat berbaring, letakkan kepala lebih tinggi sedikit dari biasanya.
– Kurangi konsumsi makanan gorengan, berbumbu, dan asam. Termasuk jus tomat, jus orange, dan kopi.
– Jangan makan makanan “berat” 3 jam sebelum waktu tidur malam.
– Minum segelas susu pada malam hari sebelum tidur.
* Nyeri di bagian belakang. Kondisi ini disebabkan olah janin Anda yang semakin membesar dan bertambah berat.
Cara mengatasi :
– Pakailah bantal tambahan sebagai penopang bagian pinggang dan pinggul.
– Lakukan gerakan khusus untuk melatih elastisitas pinggang Anda (latihan peregangan). Tidurlah menyamping, sisi kiri dan kanan bergantian. letakkan bantal kecil di sela-sela paha.
* Gerakan janin. Janin yang semakin membesar dan membuat perut Anda semakin menonjol, kerap menyulitkan Anda mencari posisi berbaring yang nyaman, apalagi, bila is bergerak dengan aktif saat Anda tidur di malam hari.
Cara mengatasi :
– Perhatikan dan kenali kapan janin Anda aktif bergerak dalam sehari. Di luar waktu itu, cobalah gunakan untuk tidur.
– Manfaatkan bantal khusus untuk menahan perut, sehingga Anda memperoleh posisi baring paling nyaman
* Sering buang air kecil. Kecenderungan Anda minum lebih banyak selama hamil dalam rangka memenuhi cairan yang dibutuhkan tubuh, otomatis akan membuat proses pengeluaran cairan pun bertambah sering. Selain itu, rahim yang kian membesar akan mendesak kandung kemih Anda, sehingga kapasitasnya berkurang.
Cara mengatasinya :
– Kurangi mengonsumsi cairan setelah lewat jam 5 sore.
– Jangan Minuet. Bila mungkin, jangan minuet apa pun 2 jam sebelum Anda tidur.
– Buang Air kecil. Setiap kali Anda buang air kecil, khususnya selama trisemester ke-3, angkatlah perut Anda agar kandung kemih benarbenar kosong.
* Gangguan pada kaki. Saat Anda mengantuk, kaki Anda seringkali merasakan sensasi seperti ada sesuatu yang merayapinya, sehingga Anda menggerakkan kaki terus-menerus. Hal ini tentu membuat Anda sukar terlelap. Juga seringkali Anda diganggu oleh serangan kram yang mendadak.
Cara mengatasinya
– Asupan kalsium. Salah satu cara yang dianggap “aman” adalah dengan meningkatkan asupan kalsium.
– Lakukan peregangan ringan pada kaki.
– Letak kaki. Saat berbaring dan sebelum tidur, letakkan kaki lebih tinggi dari panggul selama kurang lebih 10-15 menit.
– Pijat. Mintalah tolong pada suami Anda untuk melakukan pemijatan
pada bagian kaki Anda yang sering mengalami kram atau nyeri.
ooooOoooo


0 Responses to “apakah kehamilan semakin besar membuat anda sulit tidur?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Calender

August 2010
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Categories

Archives

Referral

Add to Google Reader or Homepage

CO.CC:Free Domain

readbud - get paid to read and rate articles

Page Rank


%d bloggers like this: