26
Jun
10

Ketika Buah Hati Yang Dinanti Tak Kunjung Muncul,Haruskah Perkawinan Bubar??

Anak merupakan suatu anugrah dari ALLAH SWT.Tanpa anak,kehidupan rumah tangga akan menjadi hampa karena ada sesuatu yang kurang. Kehadiran anak sangat lah perlu sebagai penerus keturunan dan martabat. Akan tetapi sekarang ini,berbagai pertimbangan sering kali menjadikan pasangan suami istri untuk melakukan penjadwalan kehadiran anak sesuai dengan komitmen bersama.
Padahal,penjadwalan kehadiran anak yang terlalu lama dapat menyebabkan kesehatan menjadi berkurang. Bahkan bukan tak mungkin menyebabkan kemandulan. Menuru saya bahwa pernikahan yang menganut sistem bibit,bebet dan bobot(bahasa jawa),memang sangat perlu untuk mendapatkan keturunan yang baik.
“Namun,sekarang ini sudah terjadi pergeseran nilai sistem bibit,bebet dan bobot jarang sekali orang melihatnya,karena sekarang banyak orang melihat kesistem baru yang lebih demokratis sesuai perkembangan jaman. Sehingga dalam mencari pasangan hidup,mereka hanya menggunakan emosi dan melihat hanya dari segi fisik saja serta saling mencintai satu sama lain. Begitulah yang terjadi pada saat sekarang ini.
Setelah pernikahan yang hanya menggunakan emosi tanpa melihat bibit,bebet dan bobot berjalan selama beberapa tahun tanpa menghasilkan anak,baru mereka sadar bahwa sistem bibit,bebet dan bobot(bahasa jawa),sangat diperlukan. Kesalahan tersebut sering kali menyebabkan kehancuran rumah tangga bahkan perceraian.”Dijaman sekarang ini dalam memilih pasangan sebaiknya memadukan sistem lama yaitu bibit,bebet dan bobot,dengan sistem baru yang serba canggih ,yaitu dengan melakukan konsultasi medis sebelum menikah. Ini sangat diperlukan karena dengan konsultasi pranikah kendala yang akan dihadapi keluarga nantinyaakan terlihat. Tinggal bagaimana menanganinya. Karena dengan berkonsultasi peranikah merupakan upaya untuk mendeteksi segala problem yang mungkin muncul selama pernikahan dilihat dari segi medis.
“Konsultasi pranikah yang berkaitan dengan kesehatan medis bertujuan untuk mempersiapkan pasangan pengantin agar pernikahannya langgeng dan dapat meneruskan keturunan. Selain itu juga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyakit talasemia atau kelaiana resus yang dapat menyebabkan kecacatan pada anak, atau mencegah tertularnya penyakit menular seksual dari pasangan seperti spilis, HIV, AIDS dan penyakit lain yang sifatnya tidak kelihatan seperti infeksi vambia pada wanita yang menyebabkan kemandulan. Akan jauh lebih baik kalau semua itu menjadi bahan pertimbangan kedua belah pihak sebelum pernikahan dilakukan.
Bila kedua insan yang salah satu atau keduanya sudah tertular penyakit berbahaya namun sudah saling cinta dan ingin tetap melangsungkan pernikahan, dokter akan membantu mencari jalan keluar untuk menjalani proses penyembuhan.
“seandainya penyembuhan tidak mencapai seratus persen, keputusan akan dikembalikan pada pasangan calon pengantin, apakah akan tetap menikah atau tidak. Hal ini jauh lebih baik daripada terjadi saling menyalahkan karena masing-masing pasangan tidak mengetahui kondisi fisik dan kesehatan pasangan.
Karena kesadaran masyarakat untuk melakukan konsultasi masih sangat kurang. Padahal, hal tersebut sangat berguna bagi kebahagiaan pernikahan nantinya. Misalnya, bila pasangan mengindap talasemia sehingga tidak dapat memiliki anak, makanya hal itu akan diketahui lebih dini dan bisa diatasi sebelum pernikahan.
“bila penyakit tersebut baru diketahui setelah menikah, wajar saja bila si istri merelakan suaminya untuk menikah kembali sepanjang tidak ada keterpaksaan.” Saya menyarankan bahwa dalam memilh pasangan sebaiknya tidak meninggalkan sistem lama yang memperhatikan bibit,bebet dan bobot untuk kemudian memadukan dengan sistem baru dengan melakukan konsultasi pranikah dan memeriksakan kesehatan diri sehingga tercapai kehidupan keluarga yang rukun dan bahagia dengan anak-anak yang sehat sebagai penerus keturunan.


0 Responses to “Ketika Buah Hati Yang Dinanti Tak Kunjung Muncul,Haruskah Perkawinan Bubar??”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Calender

June 2010
M T W T F S S
    Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Categories

Archives

Referral

Add to Google Reader or Homepage

CO.CC:Free Domain

readbud - get paid to read and rate articles

Page Rank


%d bloggers like this: